Merlion Park Sebagai Icon Wisata Singapura


Jika anda berwisata ke Singapura, tidak lengkap rasanya kalau tidak mengunjungi icon pariwisata Singapura yaitu Merlion Park. Patung berkepala Singa dan berekor ikan ini merupakan salah satu objek wisata wajib saat anda bertandang ke Singapura.
Patung setinggi 8,6 meter ini telah menarik jutaan orang yang telah mengunjunginya. Dengan latar belakang Hotel Fullerton dan dikelilingi oleh gedung-gedung pencakar langit membuat setiap pengunjungnya berdecak kagum. Patung Merlion ini posisinya bersebelahan dengan one Fullerton yang di lengkapi dengan lounge dan  cafĂ©. Di Merlion park ini, terdapat juga patung-patung Merlion berukuran kecil.  Patung merlion menghadap ke Marina Bay Sands (MBS) dan di seberang sebelah kiri terdapat Gedung Esplenade. Di Merlion Park juga terdapat dermaga  yang memungkinkan pengunjung berfoto di depan Merlion dengan latar belakang horison kota. Tangga/teras tempat duduk di sepanjang bibir sungai mendekatkan pengunjung dengan permukaan air ketika duduk menikmati panorama Marina Bay.
Foto di balkon, kalau sore hari penuh banget
Berdasarkan informasi yang diperoleh dari berbagai sumber, Merlion pertama kali dirancang sebagai lambang Singapore Tourist Promotion Board (STPB) di tahun 1964 – dan sang kepala singa dengan badan ikan di atas puncak ombak ini segera menjadi ikon Singapura bagi dunia. Dirancang oleh Mr. Fraser Brunner, anggota panitia suvenir dan kurator di Van Kleef Aquarium, kepala singanya melambangkan singa yang terlihat oleh Pangeran Sang Nila Utama saat ia menemukan kembali Singapura di tahun 11 M, seperti yang tercantum dalam “Sejarah Melayu”. Ekor ikan sang Merlion melambangkan kota kuno Temasek (berarti “laut” dalam bahasa Jawa), nama Singapura sebelum sang Pangeran menamakannya “Singapura” (berarti “Kota Singa” dalam bahasa Sansekerta) dan juga melambangkan awal Singapura yang sederhana, yaitu sebagai perkampungan nelayan. 
Anda tidak perlu khawatir datang terlambat dan terburu-buru ke Merlion Park, karena  Merlion Park dibuka selama 24 Jam non stop dan tentunya Gratis.
Cara termudah untu sampai di Merlion Park adalah dengan menggunakan MRT. Berikut beberapa panduan untuk menuju Merlion Park.
Foto di sisi kanan
Jika anda berada di Changi Airport atau Bugis, maka anda dapat menggunakan MRT Green Line (East West line) jurusan Joo Koon dan berhenti di stasiun Raffless Place. Lihat peta yang tertera dekat pintu keluar MRT yang menunjukkan arah untuk mencapai Merlion Park. Anda dapat mengambil pintu keluar B, dan jalan menuju singapore river. Kemudian belok kanan dan jalan hingga menemui cavanagh bridge dan Hotel fullerton. setelah itu menyeberang ke Merlion Park. Tidak begitu jauh perjalanannya. Sepanjang perjalanan, anda akan melihat pemandangan kota yang apik .
foto dari Merlion Park dengan background MBS
Jika anda dari Vivo City atau Harbourfront, anda naik MRT Purple line jurusan punggol dan turun di stasiun outram park. Anda jangan keluar dulu dari stasiun outram park, tetapi pindah MRT, naik MRT Green line jurusan Pasir Ris dan turun di Stasiun Raffles Place. Untuk menuju Merlion park sama dengan cara diatas.
Merlion Kecil 
Jika anda dari China Town, maka anda dapat menggunakan MRT purple line jurusan punggol dan turun di stasiun Dhoby Ghaut. Selanjutnya anda ganti MRT Red line jurusan Marina Bay dan turun di Stasiun Raffles place. Untuk menuju Merlion park sama dengan cara diatas.
Nah, jika kalian ingin mencoba menjelajah ke Chinese Garden, silakan klik disini
Selamat berlibur, semoga informasi diatas dapat membantu anda untuk sampai di Merlion Park.

1 comment:

  1. Kabitaa ..
    Hhahaha ..

    Mantab sir, jd referensi klo ntar berwisata .. :)

    Req ujung genteng n rancabuaya .

    Wkwkwkw ..

    Letz travel ..

    ReplyDelete